Rabu, 26 November 2014

Berpetualang di Pulau Lombok (Sebuah Mimpi)

Liburan berdua dengan pasangan, bagi saya mungkin sesuatu yang mustahil saat ini, soalnya belum punya pasangan alias single :D. Tapi kelak seandainya ada kesempatan dan biaya, alahkah senangnya jika bisa berdua dengan pasangan menikmati bulan madu. Tapi kurasa tak harus dengan pasangan, bersama sahabat atau teman-teman pun pasti akan tetap seru jika berlibur ke sebuah pulau impian kita.

Senang sekali rasanya saat mengetahui situs favorit saya Traveloka, (Traveloka.com merupakan situs pencarian dan pembelian tiket pesawat terbesar di Indonesia dengan harga termurah) mengadakan kontes blog bertema “I Love Travelling” dengan hadiah 2 tiket Sriwijaya Air pergi pulang (PP) gratis. Rasanya impian saya untuk pergi liburan ke tempat impian akan terwujud dengan tiket gratis tersebut. Terbang gratis ke pulau impian tentu poin tambahan yang akan membuat liburan tersebut menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Kata para Travelller, "Travel begins with a dream". Oke, sekarang mari menyusun rencana liburan impian ini.

Karena saya lahir dan tumbuh di daerah pegunungan Tana Toraja, jadi bagi saya keindahan gunung, hutan, sungai, air terjun, sawah, atau ladang adalah sesuatu yang sudah saya akrabi dari kecil. Tentu saja memandang bentangan hijau pepohonan atau taman bunga berwarna-warni tetap menghadirkan nuansa keindahan dan kesejukan bagi mata saya, tapi jiwa petualang saya sudah terpuaskan sejak kecil menjelajahi itu, jadi bukan lagi sesuatu yang baru. 

Kini, tempat liburan favorit saya adalah pantai. Saya akan betah menghabiskan waktu berjam-jam duduk di tepi pantai sambil membiarkan kaki saya terbenam pada butiran pasir atau terkena sapuan pasang ombak. Apalagi ketika bisa menyaksikan sunset atau sunrise. Rasanya keindahan dunia terwakili oleh sketsa indah di langit.

Indonesia adalah negara dengan ribuan pulau yang kesemuanya eksotik dan indah dengan ciri khasnya masing-masing. Tapi tempat yang ingin saya kunjungi adalah Pulau Lombok di NTB karena penasaran dengan pernyataan banyak orang : “Kita bisa lihat Bali dari Lombok, namun tidak bisa melihat Lombok dari Bali”. Waktu pertama dengar hal tersbut saya bingung, yang ada dipikiran saya waktu itu ialah mengenai bentuk pulau dari masing-masing, namun ternyata bukan itu. Yang dimaksud ialah seluruh keindahan wisata, kebudayaan, bahasa, dan adat-istiadat yang ada di Pulau Bali dapat kita temukan di Pulau Lombok, namun keindahan wisata, kebudayaan, bahasa, dan adat-istiadat Pulau Lombok tidak semua dapat kita lihat dari Pulau Bali. Itulah hal yang begitu sangat terngiang di benak saya, sehingga saya memprioritaskan Pulau Lombok sebagai tempat destinasi wisata impian.

Menurut informasi di Laman Traveloka, ada rute penerbangan langsung dari Surabaya ke Lombok, jadi ini akan menjadi rute pilihan saya, karena saat ini saya tinggal di kota Malang. Rencanya kami akan berangkan awal Januari, bertepatan dengan selesainya liburan semester. Untuk masalah penginapan, kami akan memilih hotel dengan nuansa resort, yaitu di Holiday Lombok Resort, di Pantai Senggigi, Mataram. Tidak perlu khwatir karena di situs Traveloka juga menyediakan fasilitas booking Hotel dengan harga murah. 

Disana, kami akan menyewa sepeda motor untuk berkeliling kota Mataram. Kami juga ingin mencicipi kuliner khas Lombok seperti Timbung (Ketan dan Santan yang dibakar dalam bilah bambu), Kekipeng (Sagu Panggang), Beberoq (Sejenis urapan kalo di Jawa), Sate Ikan Tanjung Lilit (Sate daging ikan), dan Plecing Kangkung. Saya yang memang penyuka makanan pedas pasti akan ketagihan kuliner Lombok yang seperti namanya mengandung banyak lombok (cabe). Sebelum kembali..jangan lupa belanja oleh-oleh dulu. Kayaknya yang paling pas Tenun Gedog

Menjelang sore, kami akan berjalan kaki menuju Pantai Senggigi menunggu sunset tiba. Menurut ulasan dalam laman lombok.panduanwisata.com, pemandangan sore di pantai ini sungguh menakjubkan. Apalagi sambil menikmati makan malam di atas hamparan pasir putih. Apa ada momen yang lebih romantis dari itu?

sunset di senggigi (www.lombok.panduanwisata.com)
Mengunjungi lombok akan sangat rugi jika tidak melakukan traveling pada gunung rinjani ataupun air terjun sendang gila. Mengendarai sepeda motor di tengah salah satu surga dunia pastinya akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan. 

Destinasi selanjutnya, adalah Gili Trawangan, yang konon merupakan pulau paling eksotik di Lombok. Akan kami coba snorkling, diving, naik boat ke pulau kecil di sekelilingnya, bersepeda atau cuma duduk sambil membangun istana pasir. Malam harinya kami akan bergabung dengan para backpacker, menyewa tenda dan bermalam di bibir pantai. Suara demburan ombak, gemerisik pasir, semilir angin, burung-burung laut akan manambah suasana eksotik alam ini.


Lombok dengan segala keindahan panorama alamnya akan menjadi impian yang begitu ingin diraih dan tentunya anda pun ingin melewati wisata anda dengan orang yang terkasih. Mengunjungi setiap tempat dengan keindahannya yang mempesona bersama orang terkasih akan menjadi kenangan terindah yang mungkin hanya anda lakukan sekali saja seumur hidup anda. yah lagi-lagi wisata ke lombok sebuah angan impian yang apabila terwujud akan menjadi sesuatu yang begitu berharga untuk dilewatkan.

Semoga mimpi indah ini benar-benar terwujud yaa……Amin. 
Siapa yang mau ikut sama saya?  "Travel begins with a dream" :)
Baca Selengkapnya ...
Senin, 17 November 2014

Ahok, You Will Never Walk Alone!

image : detikfoto
Setelah Jokowi terpilih jadi Presiden, maka sesuai UU, otomatis wakilnya yaitu pak Ahok yang jadi Gubernur DKI. Namun ternyata banyak pihak yang menolak bahkan memusuhi Ahok, hanya karena beda agama, Miris. Bahkan sempat ada spanduk yang diusung oleh para pengunjuk rasa FPI yang bertuliskan "Ahok Musuh Islam.” 

Namun aksi FPI itu tidak bisa dikatakan mewakili Islam : "Aku Islam, tapi tidak memusuhi Ahok, malah mengaguminya," tulis Musisi Addie MS (@addiems) melalui akun twitternya yang memiliki 840 ribu pengikut.

Dosen gue juga ikut berkicau di twitter : "Support . It's not about religious sentiment. But it's about support good people to become a leader". - Aswin Suharsono, Dosen PTIIK UB

Gue 1000% sepakat banget sama pernyataan diatas. Gue kristen dan gue mendukung Ahok. bukan karena agama kita sama, tapi karena gue melihat sosok Ahok sebagai pemimpin yang bersih, jujur, dan tegas. Dan Ke"Tegas"an beliau itu baru namanya tegas yg sesungguhnya, bukan kayak salah satu calon presiden kita kemarin, tegas dan keras emang beda2 tipis sih :D.

Ya, Bersih, buktinya Ahok mendapat award sebagai pejabat Anti Korupsi dari KPK. Jujur, buktinya Ahok sempat menolak suap saat ikut pilkada di Bangka Belitung. Tegas, buktinya Ahok berani tutup klub malam, bubarkan geng anarkis, rapihkan Pasar Tanah Abang, pecat beberapa pejabat DKI, biayai banyak org pergi haji dll. Mungkin karena saking berani dan tegasnya itu sehingga dia dimusuhi oleh "preman".


Lalu apa sih alasan mereka membenci Ahok?   karena ahok kristen dan keturunan cina?  Haduh, itu alasan yg primitif banget bro!. kalo kita mau maju, lupakan perbedaan yg kayak gitu. Nilailah pemimpin pemerintahan dari kinerjanya buat kepentingan rakyat. Bukan dari matanya, kulitnya, agamanya, golongannya dll.


Agama itu juga menuntun manusia untuk saling mengasihi dan saling menolong. Bukan saling mengancam. Musuh semua agama adalah koruptor, perampok, penebar fitnah, pembully, pemerkosa, pembunuh. Bukan pemimpin yg tegas dan bersih. Berbeda prinsip tanpa saling membenci itu bijaksana. Sesungguhnya bangsa Indonesia adalah bangsa yang bijak. Membenci itu memeras pikiran, dan mencintai itu menyegarkan batin :)

Pesan buat pak Ahok : "Jangan takut sama organisasi yang pakai nama agama, gak usah dihiraukan. Yang penting Bapak bekerja untuk Ibu kota Indonesia tercinta. bongkar BBB (birokrasi busuk brengsek), gak usah mandang agama, yang penting kerjanya top, sukses buat Ahok, dan Jangan kalah oleh "Preman berjubah agama. You Will Never Walk Alone!".

So, Ane pingin Ahok dilantik jadi Gubernur DKI. Karena dia pemimpin yang bersih, amanah, jujur dan tegas. Ente?
Baca Selengkapnya ...
Sabtu, 01 November 2014

Jangan asal milih Pembantu

Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata "Pembantu"? 
Apakah pembantu yang ini?
yang bilang cari istri susah pasti belum pernah merasakan susahnya cari pembantu seperti ini
wkwk. Nyari pembantu emang sulit, bro!
Presiden aja kesulitan mencari pembantu. Pasti ada yg kecewa dengan pembantu pilihan presiden. Tapi pesawat sudah take off. Kita hanya bisa Mengawal "merah putih" ini menuju "indonesia hebat". Pada waktunya nanti Presiden harus tegas mengevaluasi, mengganti pembantunya yg bermasalah. (daftar pembantu presiden cek disini)

Adanya sosok ibu Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menuai pro dan kontra. Wanita bertatto, suka merokok dan minum-minuman keras dan tidak lulus SMA ini menuai berbagai opini atas kredibilitas dirinya. Mereka yg kontra mungkin hanya melihat dari sisi luarnya saja. Bagi saya penampilan fisik Bu menteri itu gak masalah. Okelah dia bertato, merokok, yang penting bisa memberikan kinerja yang baik dan bertanggung jawab atas pekerjaan yg diamanahkan baginya. Tapi saya sangat menyayangkan juga ketika dia merokok di depan wartawan dan itu dipublikasiakan oleh media. Itu jelas memberikan contoh yg tidak baik. Aku khwatir nanti iklan rokok "Merokok Membunuhmu" diganti jadi "Merokok bisa jadi menteri" . mungkin saja bro.

Tapi ngomong2 soal menteri di "Kabinet Kerja", saya mengapresiasi Jokowi yg berani memunculkan nama-nama baru yg memang berkompeten di bidangnya untuk menduduki kementrian tertentu. Salah satunya adalah Prof. Anies Baswedan yg diamanahkan untuk membantu presiden dalam bidang pendidikan dasar, menengah dan kebudayaan. Sungguh Pilihan yg tepat! 

Anies Baswedan - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah
Anies Baswedan - Menteri Kebudayaan & Pendidikan Dasar dan Menengah
Sebelumnya banyak yg sudah memprediksi kalo dia bakal jadi Menteri pendidikan. Pak Anies sendiri pernah berkata : 
“Bukan posisi dan jabatan yang penting, tapi makna apa yang diberikan di setiap peran yang kita lakukan. Dalam peran apapun kita harus memberikan makna yang positif dan harus bisa menjalankannya dengan cara yang terhormat.”
Anies Baswedan - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah
Selamat bertugas pak Anies Baswedan. semoga sukses
Saya sudah sering dengar pak @aniesbaswedan bicara soal pendidikan, gak sabar ngeliat gebrakan2nya. Saya percaya pak Anies sanggup melakukan perubahan besar dalam sistem pendidikan Indonesia.  Pesan buat pak Anies : Sekarang anda berada didalam atau bagian dari sistem pemerintahan. Tentu anda tidak bekerja di ruang hampa. Orang-orang disekitar anda ada yg dengan kualitas hati malaikat, tetapi ada juga berkualitas khianat. Tetaplah Bersih dan Tetaplah membuat saya kagum. Harapan Saya untuk pak Anies : Angka putus sekolah akan menurun, kesejahteraan Guru lebih diperhatikan karena merekalah ujung tombak pendidikan.  Jangan ada lagi kesenjangan pendidikan. terutama di Indonesia Timur. Biarlah semua anak Indonesia bisa mengecap pendidikan.

Anies Baswedan - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah

Sebagai mahasiswa Informatika, salah satu kementrian yg menarik perhatian saya adalah Menkominfo yg akhirnya diamanahkan kepada Rudiantara. Selain itu ada juga Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yg diduduki oleh M. Nasir, ah sayang banget Jokowi kenapa gak milih Prof. Yohanes Surya?. Menristek dulunya berdiri sendiri, tapi sekarang digabungkan dengan Pendidikan Tinggi. Jadi pak Anies hanya akan mengurusi bagian pendidikan Dasar dan Menengah. 

Gustian Ri'pi - Kementrian Informasi dan Informatika
Untung menkominfo gak ganti nama, jadi aku masih bisa pamer2 foto yang ini, wwkwk :D 
Kabinet Kerja Jokowi-JK


Selamat dan sukses buat seluruh Menteri di Kabinet Kerja!, kami berdoa Tuhan menyertai & memberikan kesehatan agar dapat memberi yg terbaik bagi Bangsa. Kami berharap banyak dari Anda semua. Kerja KERAS, kerja CERDAS, kerja JUJUR! Semoga di akhir masa kerja, kalian dapat tepukan meriah karena rakyat sejahtera.
Baca Selengkapnya ...
Selasa, 28 Oktober 2014

Mengawal "Merah Putih" menuju "Indonesia Hebat"


Selamat Datang Presiden Baru Jokowi-JK
Selamat datang Pemimpin Baru
Hari yang dinantikan itu pun tiba. 20-10-2014, Joko Widodo dan Jusuf Kalla dilantik sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI ke-7. Akhirnya Indonesia bisa melakukan transisi kekuasaan yang damai dan elegan dengan luapan sukacita rakyat.

Sebelum dilantik, Jokowi sudah memberi teladan, menemui Prabowo dengan rendah hati dan happy. kita, yg ngaku pendukungnya, harus bisa menirunya. Jokowi JK mengajak kita semua untuk bersatu membangun Indonesia. Lupakan persaingan pilpres, hapus segala dendam, mari sambut harapan baru untuk Indonesia.

Pelantikan ini terasa sangat luar biasa justru karena yang dilantik adalah orang biasa. Jokowi adalah kita. Tagline ini tidaklah salah. Ya, Jokowi adalah kebanyakan dari kita: orang biasa yang bukan berasal dari darah biru. Beliau telah memberi keteladanan kepadaku mengenai sikap rendah hati. Lahir dari keluarga miskin, menjadi sarjana, pengusaha, lalu jadi kepala daerah, sekarang jadi Presiden kita. Jokowi, from zero to hero. Bow down! 
Jokowi.. You Rock !!
Kendati ‘orang biasa’, harapan terhadap Jokowi ternyata sangat luar biasa, bahkan lebih luar biasa dibandingkan dengan presiden-presiden terdahulu. Paling tidak, ini terlihat dari antusiasme publik menyambut pelantikan Jokowi sebagai Presiden ke-7. Perlu direnungkan mengapa gairah masyarakat meluap menyambut kedatangan Presiden Jokowi di banyak tempat secara sukarela dgn People's Power?

Bahkan Majalah Time (salah satu majalah internasional yg populer) dalam salah satu edisinya saat itu memajang wajah Jokowi sebagai sampul dengan judul “A new hope” (sebuah harapan baru).

Jokowi, A New Hope
Persoalannya, sejauh mana Jokowi mampu menjaga harapan publik yang membuncah, dan yang lebih penting lagi mewujudkan harapan tersebut dalam karya nyata?.

Tentu tidak semua harapan publik itu dapat terpenuhi, tetapi publik harus tetap diyakinkan Presiden Jokowi sedang dan terus bekerja keras untuk mewujudkan mimpi kita bersama. Rakyat harus diyakinkan bahwa Presiden Jokowi tidak sedang membangun lingkaran korupsi baru bagi keluarga, kroni, sahabat atau rekan separtai, atau bahkan relawan yang telah menyumbang tenaga bagi terpilihnya sosok sederhana tersebut.

Ketika terpilih sebagai Presdien AS pertama kali pada tahun 2008, Barrack Obama menyatakan, “The road ahead will be long. Our climb will be steep. We may not get there in one year or even one term, but America – I have never been more hopeful than I am tonight that we will get there. I promise you - we as a people will get there."

Kalau diterjemahkan kurang lebih, “Jalan di depan akan panjang. Pendakian kita akan setapak demi setapak. Kita mungkin tidak mencapai (tujuan) dalam satu tahun atau bahkan dalam satu periode (kepresidenan saya). Tapi Amerika—saya tidak pernah memiliki lebih banyak harapan daripada yang saya rasakan malam ini, bahwa kita akan mencapai (tujuan kita). Saya berjanji kepadamu—kita bersama-sama akan mencapainya.”

Bila semua kita yg berbeda suku, agama, ras dan partai politik mendukung Jokowi menjalankan tugasnya yg penuh tantangan, Indonesia Hebat pasti datang lebih cepat.!. Karena Sebaik apapun pemimpin memajukan negeri, tak ada arti tanpa dukungan rakyat. Kita dukung dengan kritis. Bukan dikultuskan, juga tidak direndahkan. Mari mengapresiasi Jokowi jika visi-misi terealisasi, dan mengkritisi jika tak terbukti. Mengawal "Merah Putih" menuju "Indonesia Hebat". 

Selamat bekerja Pak Jokowi, jalan kita memang panjang, tantangan akan bertambah besar, jalan pun pasti mendaki. Asal Bapak lurus dan berani terus meluruskan orang-orang yang tidak lurus, rakyat bakal berbaris lurus di belakang Bapak. Kami berdoa Tuhan senantiasa menyertai dan memberikan kesehatan untuk Bapak agar dapat memberi yg terbaik bagi Bangsa.


Sebagai penutup, nih ada video kece karya @EkaGustiwana : Speech Composing Spesial JOKOWI JK - BERSATU.

Tak lupa saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda ! Bersemangatlah para pemuda Indonesia,mari bersatu bahu membahu utk Indonesia yg lebih baik. Dan juga Selamat Hari Blogger Nasional yg diperingati hari kemarin, Tetaplah berkarya sobat Blogger!
Baca Selengkapnya ...
Kamis, 23 Oktober 2014

We are More than a Team

Tak terasa UKM tercinta, TEGAZS atau Tim Penanggulangan Penyalahgunaan NAPZA dan HIV/AIDS Universitas Brawijaya, telah memasuki Diklat XII. artinya sudah 12 tahun UKM ini berkiprah. Seperti biasa, tiap tahun TEGAZS selalu mengadakan oprec anggota baru untuk menyiapkan generasi penerusnya. Calon anggota baru wajib mengikuti tahapan Diklat Ruang dan Diklat Lapang.

Tahun ini kami anggota Diklat XI bertanggung jawab sebagai Panitia di Diklat XII. Setelah bekerja keras mempersiapkan Open House dan Open Recruitment, kini tiba saatnya rangkaian acara Diklat XII. Hari Minggu 19 Oktober 2014 di gedung Student Center, Diklat Ruang XII digelar. Bagi saya pribadi ini cukup melelahkan, belum lagi jadwalnya yg bertepatan dengan camp maba PMK Daniel "14, dan penyambutan mahasiswa Toraja di Malang. Ketiga acara ini cukup penting, tapi apa daya saya tak bisa ikut semuanya.

Jumat sore (17/10) setalah technical meeting diklat ruang, saya langsung meluncur ke acara Camp Daniel's di Vila Talitakum, Batu. Kegiatan yg berlangsung 3 hari itu sangat seru, tapi saya tidak bisa berlama-lama disini.

Malam Minggu Sabtu Malam  (18/10),  saya meminta ijin ke kapel Camp dan akhirnya diijinkan untuk pulang lebih awal. Cuaca yg dingin dan macet mengiringi perjalanan saya dari Batu sampe akhirnya tiba di Malang. Saatnya beristirahat untuk mempersiapkan acara diklat ruang esok hari.

Minggu pagi (19/10), sekitar jam 5 hp saya sudah bergetar, ada bbm "PING!!!" dari kapel dan Co PDD saya. Pertanda saya harus bersiap, karena panitia sudah harus stand by jam setengah 6 di lokasi.

Melelahkan, but puji Tuhan diklat ruang hari ini lancar. Terima kasih utk seluruh rekan-rekan panitia, pengurus, & peserta. Kalian keren!

DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
Bunga & Bryan, MC yg kece bad-day :D

Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
presentasi dari tim bidang BITSI, jd grogi kan gw :D

Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
"Lebih baik disini, rumah kita sendiri"...
Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
good job buat operator! :)
Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
Panitia semngatttt yaaa 
Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
peserta heboh, panitia juga ikutan heboh :D
Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
selfie everywhere
Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
Foto Keluarga - semoga tetap solid kedepannya
Gustian Ri'pi - DIKLAT XII UKM TEGAZS Universitas Brawijaya
we are one!! not just a team, we are a family
Terima kasih untuk segenap rekan2 panitia, pengurus & anggota baru diklat XII. Semoga kebersamaan ini dpt selalu terjaga. Jaga kekompakan, jauhkan ego masing2, dan Tetaplah berada di jalur kemanusiaan, dedikasi utk masyarakat, Karena kita @tegazs_ub See you at Diklat Lapang bulan November mendatang, pastinya gak kalah seru dengan hari ini :)
 
Baca Selengkapnya ...
Rabu, 08 Oktober 2014

Waspada "Aplikasi Spammer" di Facebook

Mungkin kalian juga mengalami hal ini, beberapa hari yg lalu notifikasi facebook saya memberitahu kalo ada teman yg menandai saya dalam sebuah kiriman tautannya.

Contohnya kayak gambar ini gaes :

Cara menghilangkan Tag dan Update otomatis di Facebook
Mereka adalah teman baik saya, aku kenal baik orangnya. Tapi notif itu ternyata gak masuk cuma sekali tapi berkali-kali dan saya pun mulai gerah, kesal. Usut punya usut sepertinya ini ulah orang iseng yg tidak bertanggungjawab. Itu bukan teman saya yg nge-tag, tapi itu spam dari aplikasi yg gak jelas yg telag terinstall di akun fb mereka.

Berikut saya kasih tips untuk menghindari terkena jebakan auto tag facebook ke semua teman yang kita miliki di list pertemenan facebook adalah :
Jangan Lakukan Hal Berikut :
  1. Mengklik tautan yang ditampilkan oleh malware.
  2. Mencoba Autolike
  3. Melakukan proses instalasi “Token” yang sebenarnya membypass pengamanan akun Facebook anda.
  4. Menginstal aplikasi yang tidak diketahui kegunaannya dan meminta hak untuk mengakses data akun Facebook anda dan melakukan posting dari akun anda.
Intinya Jangan klik pemberitahuan yang mencurigakan,. HINDARILAH jika anda menemukan link “MENCURIGAKAN”.

Buat yg akunnya sudah terkena, Tenang saja, kita masih bisa melakukan sesuatu untuk menghapus dan menghindari hal tersebut. Cara mengatasinya mirip dengan Cara Menghentikan Auto Retweet, Auto Post, dan Auto Follow Twitter. 

 Caranya adalah :
– BUKA FB ANDA, LEWAT KOMPUTER/LAPTOP
– BUKA MENU "PENGATURAN", lalu pilih "APLIKASI"
Cara menghilangkan Tag dan Update otomatis di Facebook
– CARI APLIKASI YANG MENCURIGAKAN, dan "HAPUS" APLIKASI TERSEBUT.
Cara menghilangkan Tag dan Update otomatis di Facebook
– LANGKAH YANG TERAKHIR, GANTI PASSWORD ANDA

Bagaimana dengan kita yg terkena korban tag dari mereka? Kamu harus memberi tau mereka yg FBnya auto tag, agar melakukan hal diatas, kalo enggak kamu Harus Blokir teman kamu itu, biar gak di tag lagi. tapi itu pasti mikir2 lagi kan. Atau.., mending kita move on ke TWITTER yuk, fb udah gak jaman :)

SEKIAN, SEMOGA BERMANFAAT…..!! INI SAYA TULIS SEBAGAI WUJUD KEPRIHATINAN DAN UPAYA SAYA DALAM MEMUSNAHKAN SPAMMER DI SOCIAL MEDIA :)
Baca Selengkapnya ...
Kamis, 25 September 2014

IT, Engkaukah Masa Depanku?

Entah mengapa, jurusan IT kian menjadi favorit di perguruan tinggi meski biaya kuliahnya relatif lebih mahal dibandingkan jurusan lainnya. Iya, saya sebagai mahasiswa IT mengalami hal itu. UKT mahal, tiap tahun kampus nerima maba jurusan IT banyak, alhasil nyari tempat parkir di kampus pun susah. hehe maaf curhat.

Ada yg bilang masuk jurusan IT itu mudah, tapi keluarnya (lulusnya) susah. Ada pula yg bilang lulusan IT itu mudah dapat pekerjaan, tapi ada pula yg beranggapan kuliah IT itu untuk apa?, ikut kursus aja udah bisa tahu. Benarkah demikian? Bagaimana sih profesi di bidang yang akan dijalani para mahasiswa IT ini?

Saya akan memaparkan bagaimana IT di masa depan sesuai dengan kerangka berpikir saya sebagai mahasiswa yang katanya kuliah di jurusan IT. Dunia IT itu sangat dinamis, dinamis banget. Tidak pernah dapat dibayangkan dan diprediksi. Selalu terjadi perkembangan yang pesat.

Coba deh liat handphone yang makin canggih dengan fitur smartphone, televisi yang makin tipis dan datar, penemuan robot yg dapat menggantikan aktivitas manusia, media sosial terus bermunculan, sehingga mampu mendekatkan yg jauh, tapi jangan sampai menjauhkan yg dekat loh ya.

Sekarang semuanya serba mudah. ingin mbeli barang tinggal mampir ke forum jual beli dan barang akan sampai di tangan tanpa harus keluar rumah. Bayar cicilan rumah dan mobil tinggal gunakan E-Banking. Apalagi yang kurang sekarang ini? Teknologi memang memanjakan manusia dan semoga saja tidak membuat kita lupa akan tujuan utama kita hadir di muka bumi ini.

Sepertinya di masa depan segalanya dijalankan dengan dukungan IT. Mungkin nantinya tidak ada kartu identitas seperti KTP, SIM dan lain-lain. Nanti kartu identitas diganti dengan adanya chip yang ditaruh di telapak tangan. Pemilu pun dapat dilakukan secara mudah dan tepat, secara meminimalisir kecurangan. Penduduk tinggal men-scan calon yang diinginkan melalui komputer dengan chip identitas tersebut. Dengan chip ini juga bisa menemukan seseorang dengan mudah. Penculikan, tindakan teroris, gembong narkoba dapat ditemukan dengan melacak chip ini.

Mungkin surat kabar yang nantinya akan digantikan oleh kehadiran E-Paper sebagai koran masa depan. Hal ini untuk mendukung terciptanya penghematan sumber daya alam (kertas koran) yang selalu digunakan dan mereduksi global warming.

Mungkin kita tidak akan lagi mengenal yang namanya keyboard. Jika anda ingin menulis blog, anda hanya akan bercuap - cuap di depan komputer dan kata - kata anda yang tadi anda keluarkan akan di proses menjadi tulisan.

Mungkin di masa mendatang, manusia akan dengan mudah berpindah tempat menggunakan suatu portal teleportasi dan tidak lagi memerlukan pesawat udara. Mungkin pada masa mendatang berkat kehadiran IT pada teknologi kesehatan, penyakit kanker dapat disembuhkan dengan mudah seperti mengobati sakit kepala pada saati ini.

Mungkin di masa mendatang, pada saat lebaran cucu - cucu kita ada yang mudik ke Mars, ke Jupiter atau ke Pluto menggunakan pesawat ruang angkasa. Boleh jadi anda menertawakan saya karena menulis hal tersebut. Tapi siapa sangka? Einstein pun dianggap orang idiot saat dia memaparkan ide - ide briliannya kehadapan publik pada masa lampau dan sekarang berkat kecerdasannya kita dapat menikmati hidup seperti ini. Bersyukurlah karena kita hidup di jaman serba modern, serba canggih dan semua itu tercipta berkat kehadiran dan perkembangan IT di dunia ini.


Pada akhirnya, IT memang sangat berperan penting sebagai penopang perkembangan teknologi di dunia. Semuanya sekarang serba komputerisasi dan digitalisasi. Booming IT di berbagai sektor kehidupan menggambarkan betapa prospektifnya bidang ini di masa depan

Sekarang coba lihat, sektor apa yang tidak menggunakan IT? Sayangnya, Kebanyakan orang menggeneralisasikan profesional IT sebagai seseorang yang paham segala-galanya tentang komputer . Padahal, layaknya dokter, profesional IT juga memiliki spesialisasi tersendiri. Ada yang ahli di bidang infrastruktur IT, hardware, software, jaringan, atau web development.

Saya pun terkadang dianggap seperti dokter umum. Biasanya, teman-teman non-IT sering kali meminta bantuan soal komputer yang sebenarnya di luar domain saya.

Meski banyak yg bilang saya ini salah jurusan, cocoknya masuk FISIP, karena suka membahas soal politik. itu cuma karena saya sadar, bhw biaya hidup, harga kacang,harga ikan,harga tepung,biaya sewa,harga sepatu, biaya internet dan obat semua tergantung pada KEPUTUSAN POLITIK. Tapi sampai sekarang untuk masa depan saya, berharap semoga saja dunia IT ini dapat membuat kehidupan saya lebih baik, dapat mencapai masa depan yg lebih cerah. Semoga Tuhan menolong saya, Amin.
Baca Selengkapnya ...
Minggu, 07 September 2014

Ospek Modern dan Fun ala PTIIK Universitas Brawijaya


Seorang mahasiswa yang baru pertama kali menginjakkan raganya dalam dunia kampus, terkadang belum tertanam kesiapan psikologis maupun sosial untuk dapat beradaptasi secara tepat dan cepat. Karena itu masa orientasi (Ospek) menjadi sangat penting bagi mahasiswa baru selama menggunakan metode-metode yang mendidik, dan harus tetap menghargai hak-hak asasi manusia.

Namun kenyataannya masih sering kita jumpai ospek yang menggunakan kekerasan dan perpeloncoan. Itu sudah sangat konvensional, primitif dan tidak pantas lagi diterapkan di jaman modern seperti sekarang ini. Justru akan menimbulkan tekanan batin bagi mahasiswa baru dan pasti mereka akan wariskan lagi kepada generasi selanjutnya.  

“Masih terlalu banyak mahasiswa yang bermental sok kuasa. Merintih kalau ditekan, tetapi menindas kalau berkuasa. Mementingkan golongan, ormas dan teman seideologi. Setiap tahun datang adik-adik saya dari sekolah menengah yang menjadi korban-korban baru mahasiswa semacam itu,” -  Soe Hok Gie

Karena kampus adalah tempat berkumpulnya para ilmuwan dan intelektual. Maka sudah sepantasnya civitas akademika menghadirkan ospek yg nyaman dan menyenangkan. Mahasiswa baru seharusnya diperlakukan dengan lebih bermartabat, karena mereka ini adalah calon-calon pendorong kemajuan.

Ospek ala PTIIK Universitas Brawijaya

Sebagai mahasiswa Informatika di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya, kini aku telah merasakan Indahnya masa-masa ospek di PTIIK.  Ospek fakultas saya dikenal dengan istilah Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) Mahasiswa Baru PTIIK, dan ternyata tak seseram yang aku bayangkan sebelumnya.  

Karena sejak 2013 lalu PK2 Maba di PTIIK  telah menerapkan metode yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dgn meninggalkan segala bentuk kekerasan.  Ini adalah ospek modern yang diadaptasi dari Jepang, atas Prakarsa ketua Program Teknologi Informasi.

Metode yang diangkat adalah Pendampingan. Dengan menempatkan mahasiswa lama sebagai pendamping maba yang wajib memberikan arahan dan bantuan dengan cara yang baik dan benar. Pendamping bertugas untuk membimbing dan mengarahkan adik2 mereka jika mengalami kebingungan dalam memahami sistem dan aturan perkuliahan di PTIIK. Konsep pendampingan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk mahasiswa yang berakhlak baik, mampu menghargai sesama dan peduli. Diharapkan maba yang telah dibimbing dan dibantu oleh kakak pendampingnya dengan baik, kemudian dapat menularkan kebaikan tersebut kepada sesamanya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk Acara PK2-nya sendiri hanya berlangsung sekitar 8 jam, namun dikemas menjadi 2 hari karena banyaknya maba di PTIIK. Di awali dengan kegiatan upacara penyambutan, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan bagi maba. Bertempat di ruang-ruang kelas PTIIK, maba diberikan berbagai informasi antara lain tentang pengenalan PTIIK, perbedaan pola pikir mahasiswa dan siswa SMA, pengenalan berbagai kegiatan akademik, serta organisasi kemahasiswaan yang ada di PTIIK. Materi diberikan secara bergantian oleh dosen, mahasiswa lama dan alumni PTIIK.

Di sela-sela pembekalan materi juga terdapat ice breaking yang biasanya diisi dengan games dari pendamping. Sementara di sesi akhir terdapat review oleh Koordinator kelas (korlas) untuk mengukur keberhasilan dan kemampuan mahasiswa menangkap materi yg diberikan. Dan yang pasti maba ini juga diberikan snack meskipun acaranya cuma 4 jam, karena generasi penerus bangsa harus diberi nutrisi yg cukup :)

Atribut dan perlengkapan maba pun tidak berlebihan.  Jadi maba tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang demi perlengkapan ospek yang hanya akan digunakan beberapa hari saja. Kasihan udah bayar mahal untuk masuk, masih aja dikuras. Kalo bisa mudah, kenapa harus dipersulit?. Seperti kutipan yg selalu disampaikan Ketua PTIIK, Pak Sutrisno: “Mudahkanlah orang lain, maka kita akan dimudahkan oleh-Nya

Seperti itulah gambaran ospek di fakultasku. Tidak ada perpeloncoan, long march, bentak-bentakan, diteriaki, atau pun pemberian tugas yg aneh & tidak mendidik.  Mahasiswa baru dianggap sudah dewasa, jadi tidak perlu diatur dan diteriaki. Meski begitu diharapkan tetap mampu menanamkan disiplin dengan sikap tegas, meskipun disampaikan dengan tutur kata yang lembut & baik.

Melihat keberhasilan penerapan metode tersebut pada tahun lalu, maka pada PK2 Maba PTIIK 2014 juga mengangkat metode serupa, kebetulan aku masuk salah satu panitia devisi DDM. Dan berkut beberapa dokumentasinya : 
PK2 MABA PTIIK UB 2014
Suasana di lapangan saat upacara penyambutan

PK2 MABA PTIIK UB 2014
Suasana Dalam ruangan kelas saat pembekalan Materi

PK2 MABA PTIIK UB 2014

Adapun Kesan dan Tanggapan Mahasiswa Baru setelah mengikuti PK2 PTIIK dapat kalian baca Disini

Meski ospek di PTIIK bukanlah yg terbaik, Tapi menurut saya sistem ospek seperti ini perlu dipertahankan dengan berbagai penyempurnaan. Berharap fakultas lainnya yang ada di UB, bahkan perguruan tinggi yg lain juga mulai menerapkan ospek yg modern bukan yg konvensional.

Ospek dengan model kekerasan sudah lewat masanya, dan tak lagi sesuai dengan era sekarang. Mahasiswa baru masuk ke universitas untuk menuntut ilmu, jangan hadirkan  praktik yang menunjukkan keterbelakangan atau pembodohan. Ospek memang dibutuhkan untuk penanaman mental, kemandirian, kedisiplinan, tetapi bagaimana agar jauh dari kesan kekerasan. Tujuan baik hanya dapat dicapai dengan cara yg baik juga, sudah fitrahnya manusia ingin diperlakukan secara baik.

Impian saya adalah semoga suatu saat ospek di Indonesia tidak lagi menjadi suatu hal yg "menakutkan" bagi mahasiswa baru tapi justru menjadi hal yg "menyenangkan". Karena
"Ospek yg mencerdaskan adalah cerminan Intelektualitas Mahasiswa dan Dosen".   
Hidup Mahasiswa!!!





Baca Selengkapnya ...