Minggu, 07 September 2014

Ospek Modern dan Fun ala PTIIK Universitas Brawijaya


Seorang mahasiswa yang baru pertama kali menginjakkan raganya dalam dunia kampus, terkadang belum tertanam kesiapan psikologis maupun sosial untuk dapat beradaptasi secara tepat dan cepat. Karena itu masa orientasi (Ospek) menjadi sangat penting bagi mahasiswa baru selama menggunakan metode-metode yang mendidik, dan harus tetap menghargai hak-hak asasi manusia.

Namun kenyataannya masih sering kita jumpai ospek yang menggunakan kekerasan dan perpeloncoan. Itu sudah sangat konvensional, primitif dan tidak pantas lagi diterapkan di jaman modern seperti sekarang ini. Justru akan menimbulkan tekanan batin bagi mahasiswa baru dan pasti mereka akan wariskan lagi kepada generasi selanjutnya.  

“Masih terlalu banyak mahasiswa yang bermental sok kuasa. Merintih kalau ditekan, tetapi menindas kalau berkuasa. Mementingkan golongan, ormas dan teman seideologi. Setiap tahun datang adik-adik saya dari sekolah menengah yang menjadi korban-korban baru mahasiswa semacam itu,” -  Soe Hok Gie

Karena kampus adalah tempat berkumpulnya para ilmuwan dan intelektual. Maka sudah sepantasnya civitas akademika menghadirkan ospek yg nyaman dan menyenangkan. Mahasiswa baru seharusnya diperlakukan dengan lebih bermartabat, karena mereka ini adalah calon-calon pendorong kemajuan.

Ospek ala PTIIK Universitas Brawijaya

Sebagai mahasiswa Informatika di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya, kini aku telah merasakan Indahnya masa-masa ospek di PTIIK.  Ospek fakultas saya dikenal dengan istilah Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) Mahasiswa Baru PTIIK, dan ternyata tak seseram yang aku bayangkan sebelumnya.  

Karena sejak 2013 lalu PK2 Maba di PTIIK  telah menerapkan metode yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dgn meninggalkan segala bentuk kekerasan.  Ini adalah ospek modern yang diadaptasi dari Jepang, atas Prakarsa ketua Program Teknologi Informasi.

Metode yang diangkat adalah Pendampingan. Dengan menempatkan mahasiswa lama sebagai pendamping maba yang wajib memberikan arahan dan bantuan dengan cara yang baik dan benar. Pendamping bertugas untuk membimbing dan mengarahkan adik2 mereka jika mengalami kebingungan dalam memahami sistem dan aturan perkuliahan di PTIIK. Konsep pendampingan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk mahasiswa yang berakhlak baik, mampu menghargai sesama dan peduli. Diharapkan maba yang telah dibimbing dan dibantu oleh kakak pendampingnya dengan baik, kemudian dapat menularkan kebaikan tersebut kepada sesamanya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk Acara PK2-nya sendiri hanya berlangsung sekitar 8 jam, namun dikemas menjadi 2 hari karena banyaknya maba di PTIIK. Di awali dengan kegiatan upacara penyambutan, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan bagi maba. Bertempat di ruang-ruang kelas PTIIK, maba diberikan berbagai informasi antara lain tentang pengenalan PTIIK, perbedaan pola pikir mahasiswa dan siswa SMA, pengenalan berbagai kegiatan akademik, serta organisasi kemahasiswaan yang ada di PTIIK. Materi diberikan secara bergantian oleh dosen, mahasiswa lama dan alumni PTIIK.

Di sela-sela pembekalan materi juga terdapat ice breaking yang biasanya diisi dengan games dari pendamping. Sementara di sesi akhir terdapat review oleh Koordinator kelas (korlas) untuk mengukur keberhasilan dan kemampuan mahasiswa menangkap materi yg diberikan. Dan yang pasti maba ini juga diberikan snack meskipun acaranya cuma 4 jam, karena generasi penerus bangsa harus diberi nutrisi yg cukup :)

Atribut dan perlengkapan maba pun tidak berlebihan.  Jadi maba tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang demi perlengkapan ospek yang hanya akan digunakan beberapa hari saja. Kasihan udah bayar mahal untuk masuk, masih aja dikuras. Kalo bisa mudah, kenapa harus dipersulit?. Seperti kutipan yg selalu disampaikan Ketua PTIIK, Pak Sutrisno: “Mudahkanlah orang lain, maka kita akan dimudahkan oleh-Nya

Seperti itulah gambaran ospek di fakultasku. Tidak ada perpeloncoan, long march, bentak-bentakan, diteriaki, atau pun pemberian tugas yg aneh & tidak mendidik.  Mahasiswa baru dianggap sudah dewasa, jadi tidak perlu diatur dan diteriaki. Meski begitu diharapkan tetap mampu menanamkan disiplin dengan sikap tegas, meskipun disampaikan dengan tutur kata yang lembut & baik.

Melihat keberhasilan penerapan metode tersebut pada tahun lalu, maka pada PK2 Maba PTIIK 2014 juga mengangkat metode serupa, kebetulan aku masuk salah satu panitia devisi DDM. Dan berkut beberapa dokumentasinya : 
PK2 MABA PTIIK UB 2014
Suasana di lapangan saat upacara penyambutan

PK2 MABA PTIIK UB 2014
Suasana Dalam ruangan kelas saat pembekalan Materi

PK2 MABA PTIIK UB 2014

Adapun Kesan dan Tanggapan Mahasiswa Baru setelah mengikuti PK2 PTIIK dapat kalian baca Disini

Meski ospek di PTIIK bukanlah yg terbaik, Tapi menurut saya sistem ospek seperti ini perlu dipertahankan dengan berbagai penyempurnaan. Berharap fakultas lainnya yang ada di UB, bahkan perguruan tinggi yg lain juga mulai menerapkan ospek yg modern bukan yg konvensional.

Ospek dengan model kekerasan sudah lewat masanya, dan tak lagi sesuai dengan era sekarang. Mahasiswa baru masuk ke universitas untuk menuntut ilmu, jangan hadirkan  praktik yang menunjukkan keterbelakangan atau pembodohan. Ospek memang dibutuhkan untuk penanaman mental, kemandirian, kedisiplinan, tetapi bagaimana agar jauh dari kesan kekerasan. Tujuan baik hanya dapat dicapai dengan cara yg baik juga, sudah fitrahnya manusia ingin diperlakukan secara baik.

Impian saya adalah semoga suatu saat ospek di Indonesia tidak lagi menjadi suatu hal yg "menakutkan" bagi mahasiswa baru tapi justru menjadi hal yg "menyenangkan". Karena
"Ospek yg mencerdaskan adalah cerminan Intelektualitas Mahasiswa dan Dosen".   
Hidup Mahasiswa!!!





Baca Selengkapnya ...
Minggu, 31 Agustus 2014

Mengadili Si Cadel

Sedih banget udah di penghujung agustus dan ternyata gue baru ngeposting dua tulisan di bulan ini. Kalo diperhatikan di arsip blog, ternyata makin bulan jumlah post gue menurun, alhasil Alexa rank pun melebar -_-. Bukan karena gue murka, cuman gak ada waktu sob, jadwal gue padat bgt. hehe *padahal kemarin masa liburan.

Okey, sesuai merk post kali ini ceritanya gue lagi diadili. Gue sebenarnya terinspirasi dari nama event yg pernah di buat oleh komunitas Turun Tangan, namanya #MengadiliAnies. Btw, kalian dah pd tau kan Anies Baswedan?. Jadi kemarin beliau itu sempat disebut2 sbg capres yg bisa bersaing dgn Jokowi, tapi syg bgt ya gak bisa maju karena gak ada partai yg nyalonin. Padahal dia punya relawan yg banyak yg sebagian besar adalah anak2 muda. Jadi acara #MengadiliAnies itu dibuat untuk "ngepoin" pak Anies ttg program beliau jika nanti jd Presiden. Asyik kan, andai kedua capres kita kemarin bisa ngadain event kaya gini.

Mengadili Si Cadel
source : google image
Tapi tenang aja, gue bukan sbg capres sob. cuma mau menunaikan tugas yg diberikan oleh beberapa sahabat blogger. Ternyata gue dapet 4 award lagi, yeah "The Liebstar Award". Buat yg belum tau, award ini kayak ice bucket challenge gitu. Karena sebelumnya gue udah pernah dapet (baca disini), Jadi kali ini gue cuma mau menjawab Pertanyaan. Total ada 44 pertanyaan sob, semoga gak kepanjangan :D

Eh sebelumnya makasih ya buat Ivana, Williana, Ochi, dan Hermionce yg udah ngasih gue award ini, semoga persahabatan kita makin terjalin dgn baik, sukses ngeblognya :D

Sip, Kita mulai, mulai dari nol yaa.. eh dari satu aja biar lebih afdol :D

Penanya pertama, dari Ivana. Gue satu fakultas, dia ganteng sob *eh maap maksudnya cantik :D. katanya dia itu gak bisa tidur di bawah jam 12 malam. Itu nyari wangsit apa nungguin lilin ya. Emang udah kebiasaan dia tidur lewat tengah malem #HidupMahasiswa

1. Kesalahan apa yang paling kalian inget sampe sekarang? Kenapa?
Gak belajar bilang "R" waktu kecil, jadinya gue cadel -_-

2. Kelakuan paling konyol apa yang pernah kalian lakuin sepanjang hidup kalian?
Gue penah ke indomaret udah belanja banyak, sampe di kasir ternyata uang gue gak cukup. dan itu terjadi berulang kali. akhirnya gue balik ngambil uang, atau barangnya gue kembaliin sebagian. haha

3. Cita-cita pertama kalian pas kecil pengen jadi apa? Masih inget gak?
waktu SD pengen jd Guru :D

4. Lagi sibuk apa sekarang? 
Kuliah

5. Target terbesar dalam hidup?
pengen cepat pintar ngoding biar jadi programmer, pengen punya perusahaan IT sendiri dan gue jd CEOnya :)

6. Momen paling unforgettable dalam hidup kalian?
Saat bersama teman di SMA

7. Pertama pacaran umur berapa? :3
dih kepo amat lu pan, U-16

8. Mantannya udah berapa? :V
omaigatt, baru 3 :v

9. Mending di-PHP-in apa di-friendzone-in?
di-friendzone-in kali ya

10. Hal yang paling ingin kalian kuasai tapi nggak bisa-bisa? Kenapa bisa gitu?
maen Gitar, karena males latian *jawaban diplomatis

11. Bisa kenal gue dari mana dan gimana caranya? Haha.
gue kenal lo di forum Jamban Blogger. Udah sering liat jg di PTIIK, lu udah tau aku yg mana gak? :D

Penanya kedua, dari Ochi. Katanya dia seorang cewek yang gampang nangis. Dan juga phobia sama kucing.
12. Apa alasan kalian nge-blog?
Nyalurin hobby, ide dan pengen berbagi buat sesama :D

13. Siapa blogger favorit kalian?
Entah dia disebut blogger atau bukan, tapi gue suka baca tulisan2 bang Pandji

14. Cita-cita kalian apa?
pengen jd programmer dan jadi CEO :)

15. Suka nonton film kartun?
kagak!

16. Kalau kehabisan ide nulis, biasanya ngapain?

blogwalking, atau tidur sambil melamun :D

17. Suka blogwalking? kenapa?
suka, bisa nambah ide nulis, dapet info dan jalin silaturahmi, siapa tau dia visit balik :)

18. Suka baca buku apa?
Buku apa ajalah yg penting bagus dan enak dibaca

19. Suka ke pantai? kenapa?
Belum pernah ke pantai

20. Twitter kalian followersnya berapa?
sekarang baru 1,144  (@gustian_8 #promo)

21. Suka nyanyi?
ya kalo lagi sendiri. :D

22. Suka makan pempek nggak? kenapa?
pempek aja gak tau yg mana :D

Next, yg ketiga dari Hermionce. Katanya dia itu Seorang pelajar labil yang udah capek belajar, tapi kepengen selalu dapat nilai bagus. Alasannya, buat orangtua bangga. asyik!

23. Apa ada arti khusus dalam namamu?
gak tau kalo nama depan, kalo nama belakang itu marga gue

24. Siapa yang memberi namamu?
kurang tau juga, tapi besar dugaan saya itu dari ortu gue

25. Cita-cita terbesarmu saat ini?
pengen jd programmer dan jadi CEO :)

26. Mana yang lebih kamu banget, mendengarkan atau didengarkan?
Mendengarkan

27. Suka menulis? Apa alasanmu?
buat ngungkapin perasaan yg terpendam dan pengen berbagi juga :D

28. Lebih suka nulis apaan?
artikel atau sekedar curhat :D

29. Warna favoritmu?
Biru

30. Jatuh cinta diam-diam atau Diam-diam jatuh cinta?
haha ini bedanya apaa? pilih yg pertama aja :D

31. Ada jadwal khusus buat ngeblog atau sekedar nulis?
gak ada sih, tergantung S & K aja.

32. Yang kamu lakukan, kalo jatuh cinta sama cowok super duper cuek dan antagonis, tapi endingnya malah ninggalin kamu gitu aja tanpa kejelasan?
gue masih normal

33. Pesan, kritik untuk blog dan tulisan aku?
latar putih bagus, gak norak gitu, enak dibaca juga. Gue mau ngasi saran widget yg gak terlalu penting mending dihapus aja, kayak jam, blogger news, blogger templates.trus kode captcha kalo kita mau komen itu lebih baik ditiadakan aja.

Next yang terakhir nih, dari Williana. Katanya dia cinta banget permainan jaman dulu generasi 90an, *yg penting seleranya bukan yg genereasi 90an ya hehe

34. adakah blog seseorang yang membuat kalian terinspirasi? sertakan alamat blognya
Yang ini aja http://pandji.com/

35. plus minus nya blog gue dong?
plusnya : tulisannya original banget :) kalo minusnya : widget disebelah keliatannya belum tertata dengan rapi deh, mungkin ada widget yg kurang penting mending dihapus aja. but over all gue sih suka :)

36. kalau dapet uang 100 juta mau diapakan? alasannya?
pertama gue sumbangin ke gereja, sbg tanda ucapan syukur, trus karena gue bercita2 jd CEO jd saya bakal pakai buat mendirikan atau membeli sebuah perusahaan.

37. apa talent yang kalian punya?
nah bingung. eh dulu gue pernah juara bulu tangkis di smp, tapi sekarang udah jarang maen lagi. Oiya gue punya bakat benerin akun twitter teman yg auto retweet. caranya ada disini, udah banyak yg minta tolong ke gue gara2 tulisan itu :D

38. pilih selfie atau dipotoin pake kamera slr sama photographer terkenal?
pilih yg kedua deh

39. lagu apa yang sekarang lagi sering di dengerin?
lagunya Andra and the backbone, atau gak lagu2 DJ hehe

40. apa impian kalian?
punya perusahaan IT sendiri, dan gue jd CEO-nya

41. lagi pengen banget pergi ke suatu tempat gak? kemana?
pengen keliling Indonesia, trus ke Barcelona dan Jepang

42. pilih gunung atau laut?
Gunung

43. lebih senang main di dunia maya atau dunia real?
dunia real

44. tulis kata-kata mutiara atau quotes nya dong? bebas tentang apa aja :)
"Hidup ini indah, jadi terserah anda. Tapi ingat jangan menyesal"

Yeah.. Akhirnya kelar juga. Maaf pertanyaan kalian baru bisa kejawab sekarang. Kepo banget ya mereka, tapi gapapa hitung2 ini gue persembahkan buat kalian semua sebagai persembahan ultah gue yg genap 19thn pada tgl 20 Agustus kemarin haha okay, see you next post sob!
Baca Selengkapnya ...
Senin, 18 Agustus 2014

Merdeka dari apa, kawan?



17 Agustus 1945.
Rasanya tidak cukup untuk melukiskan kebahagiaan masyarakat saat itu dalam sebuah kata "Merdeka".

Logo HUT RI ke-69
Logo versi pemerintah terlalu monoton, saya pake logo dari KDRI
Kemarin, Seluruh warga Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya yang ke-69. Merayakan dengan seremonial upacara bendera, pesta rakyat dengan berbagai lomba.

Dibanyak tempat hari-hari ini berjalan kosong begitu saja, termasuk di desa bahkan kecamatan saya, tidak ada rencana merayakan 17 agustus. Hanya menyaksikan orang lain merayakan 17 agustus. Banyak diantara kita yang mungkin merayakan dengan tidur seharian memanfaatkan kesempatan liburan, atau merayakan dengan berbelanja di mal. Gak masalah, semua orang berhak merayakan dengan cara sendiri-sendiri. yang terpenting kan maknanya, bukan acara atau pestanya.

Namun akhirnya saya kembali bertanya pada diri sendiri.. sudahkah diri ini merdeka? Merdeka dari bayang-bayang masa lalu (kalau kata ababil inget mantan ga bisa move on).. #halah :p

Sudahkah kita Merdeka dari pacar yang posesif? Merdeka dari boss yang killer? merdeka dari jeratan hutang? Merdeka dari belenggu orang tua yang nggak membebaskan kamu memilih jurusan yang kamu inginkan? Merdeka dalam menentukan pilihan saat pilpres, tanpa intimidasi? Atau merdeka dari sistem birokrat yang korup sehingga kamu, pegawai jujur, stress di dalamnya mau nggak mau jadi ikutan atau pura-pura tidak tahu?  Merdeka dari tetangga yang suka bakar sampah sembarangan hingga asapnya mengganggu rumahmu? Merdeka dari calon mertua yang tak kunjung membuka pintu restu meminang anaknya? Merdeka minum air putih tanpa bayar? Merdeka dari kemacetan? Merdeka mendapatkan pendidikan dan pembangunan yang sama dengan teman-teman di Pulau Jawa? Atau yang sederhana saja… merdeka untuk bisa hidup layak.. makan minum tanpa harus berkejaran dengan rasa lapar yang amat sangat?

Kata John F Keneddy kembali mengingatkan kita "Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepada kamu, Tapi tanyakan apa yang kamu berikan pada negara kamu"
Gustian Ri'pi
katanya foto ala calon menteri, Menteri Pemberdayaan hati Perempuan.

Apa yang bisa saya perbuat untuk bangsa ini? Lingkup lebih kecil.. kota ini? Lebih kecil lagi… komplek ini? Lebih kecil lagi… gang rumah saya ini…. dan yang lebih kecil lagi.. keluarga saya… dan diri saya sendiri?

  “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” ~ Soekarno ~...

Jadi Merdeka adalah…. dan saya belum tahu jawabnya. Karena hidup (dan tempat saya hidup) tak pernah lepas dari persoalan.

Merdeka adalah merdeka… tidak terbelenggu oleh suatu tuntutan apa pun…leluasa…tidak terikat pihak mana pun.. berdiri sendiri.. demikian arti yang ada di kamus.

Dirgahayu Indonesiaku… Semoga lahir generasi-generasi baru yang lebih baik dan siap Turun tangan membangun negeri yang adil dan beradab.

Merdeka!
Merdeka dari apa, kawan?
Kita masih terus Berjuang :D
Hidup memang penuh perjuangan

Baca Selengkapnya ...
Senin, 28 Juli 2014

Welcome to the World

Setelah pilihan dan kemenangan, Saatnya untuk mundur menarik dukungan, Membentuk barisan parlemen jalanan, Mengawasi amanah kekuasaan. Selamat buat Jokowi-JK sebagai Presiden yg baru Indonesia. 

Saya bermimpi akan Indonesia yang aman, dimana pekerjaan dan pendidikan terbuka bagi kita semua. Indonesia yang tidak akan terbelenggu oleh korupsi, namun akan berkembang melalui karakter yang kuat. Indonesia yang dibangun kembali oleh rakyat dan untuk kepentingan rakyat.

Selain punya Presiden baru, ada kabar gembira lagi nih. tapi bukan kulit manggis kini ada ekstraknya ya. hehe. kabar baiknya aku punya adek baru.. hihi

19 Juli 2014 di salah satu rumah sakit di Tana Toraja lahir seorang bayi laki-laki dari pasangan ayah dan ibu saya yang diberi nama “LEONER CHRISTIAN RI'PI”. Bayi tersebut lahir dengan sehat puji Tuhan tak kurang satu apapun. Sempat bingung juga buat nentukan namanya sebelum akhirnya disepakati nama itu.

Ini semacam hadiah buat saya karena lahir pas disaat saya habis pulkam dari Malang. Atau mungkin kado buat saya yg sebentar lagi mau berulang tahun yg ke-19. haha

AKTA KELAHIRAN

KARTU KELUARGA

LEONER CHRISTIAN RI'PI

Kini saya sudah genap 5 bersaudara. angka yg cukup banyak ya untuk ukuran orang Jawa. Dan akhirnya saya punya saudara laki-laki. Sekarang saya punya saingan yg bisa menyaingi kegantengan saya dalam rumah, hahaha

Selamat lahir kedunia adek... semoga makin bertumbuh menjadi anak yg baik, ganteng, pintar, panjang umur, berbakti bagi orang tua, bangsa dan negara, serta Takut akan Tuhan :)

Eh presiden udah baru, adek baru juga udah, pacar baru kapan? hoho -_-
*siap2 kabur*

Tapi sebelumnya saya mau bilang Selamat Idul Fitri bagi saudaraku umat muslim yg merayakan.
Mohon maaf lahir dan batin :)
Okay, bye.
Baca Selengkapnya ...
Rabu, 23 Juli 2014

Aku Menolakmu, Engkau ikhlas Menerima?

Saya menulis artikel ini beberapa jam setelah KPU menetapkan pemenang Pilpres 2014. Proses panjang dan melelahkan akhirnya Pilpres kali ini selesai juga dengan menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih yakni Bapak Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. M. Jusuf Kalla yg meraih total suara sebesar 53,15 % (70.997.833 suara), unggul lebih 8 juta suara dari pasangan Prabowo-Hatta.

Malaikat tak pernah keliru mencatat kejujuran sehalus debu sekalipun. Pemimpin baru, melahirkan optimisme baru, memberikan harapan baru akan Indonesia yg lebih hebat, Indonesia yang kita dambakan bersama.

“Lupakan nomor satu, lupakan nomor dua. Mari kita kembali kepada Indonesia yg satu, Indonesia raya. Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kita kuat. Salam tiga jari, Persatuan Indonesia” – kutipan dari pidato kemenangan Jokowi-JK.

JOKOWI-JK

Lewat tulisan ini saya ucapkan Selamat atas Kepercayaan rakyat yg diamanahkan kepada bapak Jokowi dan Jusuf Kalla, ini adalah kemenangan kita bersama. Saya juga minta maaf bagi yg selama ini berseberangan karena berbeda pilihan dengan saya, Yuk.. mari kita bersatu kembali. :)

Dan buat pak Prabowo-Hatta, semoga bisa menerima kenyataan ini dengan legowo, untuk menunjukkan sikap negarawan bapak, membuktikan pernyataan bapak yg katanya “siap menang, siap kalah”

Terlalu biasa sejarah bangsa Indonesia mencatat kisah sang pemenang, tetapi sejarah bangsa kita nyaris kekurangan kisah pejuang tangguh yang kalah namun mampu tegak legowo penuh harga diri merelakan tahta pada sang pemenang. Semoga masih ada tinta emas untuk mencatat sikap kesatria agung dari seorang Prabowo karena bangsa ini miskin negarawan sejati.

Kekalahan Argentina dari Jerman di final Piala Dunia 2014 menjadi inspirasi bagi kita. Keduanya tampil luar biasa sebelum Argentina harus kalah di babak tambahan perpanjangan waktu. Sebagian penonton dan beberapa pemain menangis. Pasti sangat berat untuk menerima kekalahan tersebut karena keduanya tampil luar biasa. Namun begitulah partai final seharusnya berakhir, harus ada pihak yang kalah untuk menentukan siapa pemenangnya. Karena masyarakat hanya menginginkan ada satu pemenang untuk diakui sebagai yang terbaik.
 PRABOWO SUBIANTO
Kebetulan saya adalah satu dari puluhan juta orang yg "menolak" (tidak memilih) Prabowo sebagai Presiden dengan berbagai alasan. Saya sendiri memilih Pak Jokowi karena saya yakin ia jujur, tulus, adil, dan siap bekerja untuk negeri ini. Jokowi juga menggugah hati saya karena senyumnya yang tak pernah lekang, wajahnya yang ramah dan tak pernah terlihat marah. Ia tak pernah sekalipun menjelek-jelekkan kompetitornya, malah menyebut Prabowo “patriot dan negarawan.” Jokowi juga berterima kasih kepada Prabowo sebagai sahabat dalam berkompetisi politik.

Salam hangat Indonesia.
Baca Selengkapnya ...
Kamis, 17 Juli 2014

Cerita (awal) di bulan Juli

Saya benci menunggu. Menunggu adalah pekerjaan yang menjemukan. Semua orang pasti pernah merasakan itu. Biasanya menunggu disertai rasa cemas, jika yang dinantikan itu adalah suatu hal yang belum pasti entah datang atau tidak. Demikian juga jika waktu kedatangannya tidak jelas. Namun jika yang ditunggu-tunggu itu adalah hal yang pasti, apalagi jika menyenangkan maka perasaannya tentu berbeda.

Tidak sabar menunggu waktunya datang, membayangkan suasana ketika yang dinantikan tiba, kadang-kadang senyum sendiri dengan menghela nafas. Sudah lama saya menunggu waktu buat pulkam, menunggu IP keluar, menunggu jawara piala dunia 2014, menunggu hasil real count KPU, menunggu israel dan palestina berdamai, menunggu kelahiran adek baru, dan menunggu jawaban dari Kamu.. iyaa kamu.. :D

aku nunggu kamu

Gak terasa, setahun sudah saya kuliah di Malang sebagai mahasiswa rantau yg hidup jauh dari orang tua. Semester 2  telah berlalu, IP pun sudah keluar meski IP saya turun dibanding IP semester satu. gapapa, tetap bersyukur, cuma turun 0,1 kok :). semoga kedepannya lebih baik lagi. Amin. Dan sekarang waktunya libur panjang, kesempatan untuk pulang bertemu dengan keluarga di kampung halaman.

5 Juli, akhirnya saya tiba di Toraja dengan selamat. Thanks God. :) Nah, kalo ada orang yg baru datang biasanya disambut meriah kan? tapi saya enggak, soalnya saya datang disaat minggu tenang jelang pencoblosan 9 Juli, hehe. Toraja dingin banget guys, ternyata lebih adem dibanding kota Malang. dinginnya berasa dipeluk puteri salju. brrrrr..
Akhirnya saya harus mengakhiri segelas cerita di bulan ini dulu.. Lama gak ngepost, dengan susah payah akhirnya berhasil memposting tulisan ini, maklum jaringan modem yg saya pakai gak bagus.. itulah salah satu kerugian kalo saya pulkam, gak bisa online dgn lancar -_-. cerita ini masih panjang sebenarnya, lain kali aja yee :p yg jelas aku nunggu kamu.
Baca Selengkapnya ...
Sabtu, 28 Juni 2014

Happy Birthday for You

Selamat pagi Indonesia...
Selamat menyabut bulan Ramadhan buat umat muslim.

Gak terasa ya kita udah sampai di pertengahan tahun 2014.. tinggal beberapa hari lagi kita akan move on dari Juni menyambut datangnya hati bulan yang baru :). Nah, tentu banyak hal yang telah kita kerjakan selama satu semseter ini. Masih ingat gak  apa harapan kalian di awal tahun 2014? apakah udah ada yg terwujud? kalo belum segera wujudkan, Stop PHP-in diri kita sendiri. Masih ada waktu setengah tahun untuk mewujudkannya.

Kalo saya, ketika kembali membaca Targetku 2014 yg saya posting di awal Februari lalu, salah satunya adalah pengen IPK saya tetap baik bahkan berharap bisa meningkat lagi. Semester kedua telah saya lalui, UAS telah berakhir beberapa hari yg lalu. kini tinggal nunggu hasilnya aja... Semoga sesuai dengan harapan. AMIN

Di postingan waktu itu juga aku menulis "ingin lebih aktif lagi dalam berorganisasi". Dan itu perlahan ingin saya wujudkan dengan bergabung di UKM Tegazs UB. Buat yg belum tahu, TEGAZS tuh singkatan dari Tim Penanggulangan Penyalahgunaan NAPZA dan HIV AIDS. Di beberapa universitas juga terdapat UKM sejenis ini. Seperti PASTI (Pasukan Anti Narkoba) Polinema, Garank Unikama, Gerhana (Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba) UNNES, German (Gerakan Mahasiswa Anti NAPZA) UNM, Mapanza Unair, dsb. seram2 ya namanya :D

Setelah mengikuti Diklat XI dan bergabung di tim bidang Tegazs UB, banyak pengalaman yg saya dapatkan termasuk pengalaman berpartisipasi dalam kepanitiaan acara. Kita pernah mengadakan Pelatihan Penulisan, Capacity Building, Pelatihan Penyuluhan, World AIDS Day (WAD), World No Tobacco Day (WNTD), Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN), dan next event kita akan ada acara untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yg jatuh pd tgl 26 Juni, namun acaranya diundur ke tgl 29 Juni karena ada acara lain.

Dan acara yg dimaksud itu adalah HUT TEGAZS yg ke-11. yes akhirnya nyambung juga dah dengan judul postingan ini. :D. Acaranya cukup meriah, meski sederhana namun sangat berkesan. Ternyata sudah 11 tahun UKM ini berdiri. Dalam acara itu hadir beberapa alumni yg jauh2 dari Sidoarjo datang ke Malang karena kecintaannya pada Tegazs. Saya pun besyukur bisa bergabung disini, bertemu dengan banyak teman dari lintas fakultas yang punya karakter berbeda-beda.

Happy 11 Anniversary UKM Tegazs, makin Solid, bisa lebih banyak berbagi, berkontribusi dalam bidang sosial bukan hanya di ranah UB tapi juga menyebar di masyarakat.

HUT TEGAZS UB yg ke-11

Ternyata eh teryyata di bulan ini juga si doi Lionel Messi juga berulang tahun tuh yg ke-27. hbd yaa om Messi.. Visca Barca!
Ulang Tahun Lionel Messi

Tapi sebenernya inti dari postingan ini adalah pengen ngucapin selamat ulang tahun buat kamu.. kamu... iyaaa kamu!!! Hmm, nampaknya sosok wanita itu baru saja mengalihkan codinganku. hahahha. Dan tgl 24 Juni Kemarin dia berulang tahun yg ke-17. terpaut 2 tahun dari saya.  :)

Reni Kusuma Firdaus
Dengan segala keterbatasan dan kekurangan yg saya miliki saya coba buatkan video stop motion, hehhe. Padahal ini baru belajar dan pertama kalinya buat video kayak gitu, hahahha. nih hasilnya.. biarkan video yg berbicara :




btw, kita tuh nggak belum pacaran ya... nyahahaha. Happy birthday yaa kamu.. semoga panjang umur, sehat terus, makin cantik, selalu diberikan kemudahan dan kelancaran. love you. :) *semoga dia suka video diatas :).
Baca Selengkapnya ...
Sabtu, 14 Juni 2014

UAS, Piala Dunia, dan Debat Pilpres

Udah tanggal 14 Juni ya?.. Sebagai mahasiswa yg sedang beranjak ke semester-3, tgl 18-25 Juni nanti saya akan mengikuti Ujian Akhir Semester Genap. Udah H-4 masih nggak mood belajar gus .__. Jangankan belajar, ngerjain tugas akhir yg harus dikumpulkan pd saat UAS pun masih males. Nggak malas sih, cuma gak ngerti aja ngerjainnya. kalo ngerti pasti udah saya kerjakan, *ya sama aja itu karena kamu males belajar gus ._. 
UAS sukses.. amin

Dan salah satu tugas yg bisa dibilang cukup menguras otak dimasa tenang ini adalah project akhir mata kuliah Pemrograman Lanjut, Membuat program untuk mengatur posisi pemain sepak bola menggunakan GUI di Java. (Deskripsi projeknya ada Disini , siapa tau ada yg ngerti dan mau bantuin). Project itu dikerjakan perkelompok dan aku kesal sama kelompokku yg sepertinya pada sibuk dengan urusan masing2.. Dari awal saya memang merasa kurang sreg dengan teman kelompokku ini, yg nentuin juga bukan kita tapi ketua kelas. Jadi ya gitulah, dosennya juga gak ngasih tahu deadline presentasinya kapan jadi makin gak ada niat buat ngerjain. 

Belum lagi dengan adanya Piala Dunia dan Debat Pilpres 2014 yang selalu saja mengalihkan pandanganku. #eaa. Piala Dunia 2014 di Brasil sudah dimulai kemarin 12 Juni 2014. Kemeriahan ajang tertinggi sepakbola di dunia itu tak hanya dirasakan oleh negara peserta maupun penyelenggara itu sendiri. Tapi juga negara lainnya termasuk Indonesia. Meskipun Indonesia belum berhasil lolos ke ajang tersebut, setidaknya Indonesia bisa ikut memeriahkan dengan menonton :D

Kalian jagoin siapa?.. Kalo saya masih tetap jagoin Spanyol dong, sama kayak Frandaa.. hehe. Alasannya simple, karena di Timnas Spanyol bertebaran banyak pemain dari club kebanggaan saya, Barcelona especially pemain yg bernomer punggung 8, Andreas Iniesta. Tapi tadi pagi ada kabar tak sedap menghantui tim Spanyol. Partai perdana penyisihan Group B antara Spanyol melawan Belanda berakhir dengan kedudukan 5-1 untuk kemenangan Belanda. ahh, ini Awal yg buruk... hiks.. *nangis* pundak manaaa pundaaakk??? :'( 

Padahal saya merindukan ulangan final Piala Dunia 2010 empat tahun lalu, Ketika itu Spanyol mengalahkan Belanda sekaligus memastikan gelar juara dunia bagi Tim Matador untuk pertama kali. Dan gak tau kenapa tiap Spanyol kalah banyak banget yg menghina, nge-bully, mencibir.. mungkin karena spanyol itu identik dengan barcelona kali ya, You know lah barca itu musuh bagi setiap lawan. hahaha.  Berharap Spanyol segera bangkit dari kekalahan semalam,  #TetepVamosEspana.
Piala Dunia dan Pilpres 2014
Lanjut ke Debat Pilpres. Kalian jagoin siapa?.. kalo aku mungkin udah jelas ya dengan avatar saya di twitter yg memilih Stand On The Right Side :). Kita sudah menyaksikan debat yg pertama, Tersisa 4 kali debat lagi yg akan digelar pada tgl 15 Juni, 22 Juni, 29 Juni, 5 Juli. (sumber: Google). Debat ini memang sangat penting digelar untuk membantu kita mengenali karakter, dan rencana kerja dari kedua calon presiden kita. Yang sudah menentukan pilihan juga akan semakin mengukuhan pilihannya atau mungkin saja bisa move on ke pasangan lain setelah menyaksikan Debat ini. 

So, Apapun pilihan saya dan kalian, nggak usah risau apalagi saling bermusuhan. Ingat ungkapan pak Anies "Lawan beda dengan Musuh, Lawan debat adalah teman berpikir, lawan badminton adalah teman berolahraga". Kemarin juga saya nemu sebuah lagu yg dikemas dalam sebuah video klip kece karya Relawan Jokowi-JK, judulnya Bersatu Padu Coblos Nomor Dua, (linknya ada Disini.) Video ini tidak hanya sebagai bentuk kampanye, tapi juga banyak pesan positif yg disampaikan bagi kita semua. Satu hal yang palig menarik dalam video itu adalah mereka (relawan) ini menungkapkan bahwa "setelah pilihan dan kemenenangan, kami akan menarik dukungan membentuk barisan parlemen jalanan, mengawasi amanah kekuasaan".  Saya rasa benar, bahwa kita yg berseberangan karena berbeda pilihan, hanya berlangsung sampai tgl 9 Juli jam 1 siang nanti. setelah itu kita akan kembali bersatu mendukung pemimpin kita yg menang.

Okee.. Sekian tulisan saya pagi ini.. Saya tahu Piala Dunia dan Debat Pilpres 2014, akan  mengalihkan waktu belajar saya tapi tetap aja UAS nomer satu, kalo Presiden nomer Dua. :).. Finally, Doakan ya moga UAS saya lancar dan bisa memperoleh hasil yg memuaskan.. wish me luck ^^

Meski pilihan saya no. 2, entah kenapa pengen share gambar yg ini ;)
Gustian Ri'pi
Baca Selengkapnya ...